Senin, 30 September 2013

Kriteria Seorang Guru Yang Baik



Kriteria Seorang Guru Yang Baik
04 Jul
Seorang guru yang baik merupakan daya tarik tersendiri bagi siswa untuk mengikuti pelajarannya di kelas. Karena bila seorang guru berhasil menampilkan sikap yang baik menarik, maka tentunya akan berdampak bagi siswa untuk bersemangat dalam proses belajar dengannya. Selain itu, seorang siswa akan merasa sangat rugi bila melewatkan kesempatan untuk mengikuti pelajaran dengan sang guru tersebut.
Bukan berarti, siswa tersebut pilih-pilih dengan gurunya, siswa akan tetap menerima setiap guru yang ditugaskan untuk mengajar mereka, tapi ada hal-hal yang lebih dalam pandangan siswa berkaitan dengan kenyamanan dan kesan yang didapatkan bila ia mengikuti pelajaran dengan seorang guru yang baik dan menyenangkan. Sikap ketertarikan siswa dengan guru yang mengajarnya juga ikut mempengaruhi minat dan partisipasi siswa dalam belajar dan mempengaruhi tingkat prestasi siswa.
Jadi, kehadiran guru yang baik dalam mendidik dan mengajar siswa-siswi merupakan kebutuhan bagi setiap siswa. Dan sudah seharusnya guru-guru pun mengoreksi diri untuk menjadi guru yang menyenangkan bagi setiap siswa yang belajar dengannya. Seperti apakah sosok guru yang baik dan menyenangkan tersebut? Tentu kita (siswa) memiliki kriteria masing-masing. Pada umumnya ada beberapa aspek yang menjadi daya tarik seorang guru dalam mengajar, dan menimbulkan kesan yang baik (positif) bagi siswa.
Aspek-aspek tersebut antara lain adalah:
1. Cerdas dan berwibawa
Syarat mutlak menjadi guru harus cerdas, karena pekerjaan mendidik atau mengajarkan. Dengan kecerdasannya, maka guru dapat menyampaikan materi pelajaran kepada siswa dan menuntun siswa untuk memahami setiap materi pelajaran. Dengan kecerdasannya, guru akan tampil di hadapan siswa dengan penuh wibawa. Sosok guru seperti itu akan mempermudah bagi guru dalam menguasai kelas dan melakukan pendekatan untuk membangun hubungan yang saling menghormati antara guru dan siswa.
2. Penampilan yang rapi dan sopan
Seorang guru merupakan “model” bagi siswanya, maka tidak heran bila sebagian siswa menilai positif bagi guru yang berpenampilan rapi dan menarik. Dengan selalu menggunakan busana dan mengenakan penampilan yang bersahaja sebagai figur yang diteladani dari segala aspek. Sehingga siswa akan merasa nyaman ketika belajar dengan guru tersebut.
3. Disiplin
Guru juga harus pintar membagi waktu, sehingga dapat menjalankan tugasnya dengan seefisien mungkin dalam memberikan materi pelajaran kepada siswa. Oleh karena itu, dapat katakan bahwa guru yang baik adalah guru yang disiplinnya tinggi dan konsisten. Dengan sikap demikian maka segala tujuan yang hendak dicapai dari proses pendidikan akan segera tercapai degan mudah dan pencapaian yang sesuai harapan pemerintah dan segenap warga negara penikmat hasil pendidikan.
4. Sosok yang edukatif
Guru harus memiliki latar belakang yang baik, dan mampu menjadi sosok yang edukatif bagi siswanya. Karena guru merupakan panutan atau teladan bagi siswanya dalam membentuk karakter dan kepribadian yang utama, maka guru hendaknya, semua aspek yang terdapat pada diri guru bisa menjadi referensi hidup bagi siswanya yang sedang mencari jati diri pada masa remaja.
5. Ramah dan bersahabat
Siswa adalah manusia yang juga membutuhkan rasa kehangatan dari wajah seorang gurunya. Dengan keramahan dan sikap yang bersahabat dengan siswa, maka akan terbentang sisi kesamaan antara guru dan siswa sebagai makhluk sosial yang saling membutuhkan satu dengan yang lain.
6. Adil dan menyayangi siswa
Sifat adil yang dicerminkan seorang guru terhadap seluruh siswa merupakan pintu gerbang bagi guru untuk memperoleh respons yang sehat antara guru dengan siswa, dan siswa terhadap siswa. Dengan perlakuan yang adil terhadap seluruh siswa, maka akan membuat siswa merasa yakin untuk sukses secara bersama-sama melalui pendidikan yang disampaikan oleh guru.
7. Tegas dan demokratis
Guru harus tegas dalam memberikan batasan dalam hal yang menjadi aturan bersama dalam kelas belajar agar batasan antara guru dan siswa menjadi sangat jelas dan tidak terdapat ketimpangan wewenang guru terhadap siswa. Dengan ketegasannya, guru memberikan ganjaran semacam hadiah (penghargaan) bagi siswa yang berprestasi, ataupun memberi sanksi yang berlaku bagi siswa yang melanggar tata tertib sekolah.
8. Terbuka dan maju
Pandangan yang luas dalam diri seorang guru akan memberikan warna berbeda dalam kelas yang diajarkannya. Dengan sikap yang terbuka, guru akan mendidik siswa untuk berperan aktif dalam belajar dan membangun budaya kritis bagi siswa. Karena setiap gagasan siswanya ikut dipertimbangkan sehingga anak merasa dihargai secara moral. Di samping itu, guru harus berpola pikir yang jauh lebih maju (modern) sesuai dengan perkembangan zaman.
9. Menguasai metode pembelajaran
Agar proses belajar menjadi lebih efektif, maka sangat penting bagi guru untuk menguasai banyak metode dalam pembelajaran. Tujuannya agar siswa tidak merasa bosan dalam mengikuti pelajaran dengannya. Kombinasi metode yang sesuai dengan materi pelajaran, akan menarik perhatian siswa untuk aktif dalam belajar dan materi yang disampaikan oleh guru akan lebih mudah diterima oleh siswa.
10. Komunikatif dengan siswa
Untuk mendukung proses pembelajaran di dalam kelas, maka kemampuan guru dalam berkomunikator dengan siswa menjadi unsur yang mutlak harus melekat pada diri seorang guru. Dengan kemampuan komunikatif tersebut, maka siswa akan cepat merespons materi yang diajarkan oleh guru.
Demikianlah penjabaran singkat tentang beberapa kriteria guru yang baik dan menyenangkan dalam proses pembelajaran di sekolah. Semoga bermanfaat.

Brungau Studio.
Dilianto Jhn
0852 2060 8045

Tidak ada komentar:

Posting Komentar